Menjadi Relawan!

738257_505142432851063_324645444_o-300x224KALIMULYA, TBM Cendani. Seringkali kita mendengar pendapat bahwa menjadi relawan untuk kegiatan kemanusiaan adalah sebuah pengorbanan. Pengorbanan waktu, dana, tenaga atau berbagai kesempatan lain. Pendapat ini ada benarnya. Namun kami mendapati banyak orang yang menjadi relawan di Taman Bacaan Masyarakat justru merasa belajar banyak dan amat bersyukur. Mereka belajar soal manusia yang berbeda baik etnis, agama, cara berpikir maupun tingkat ekonomi.

Banyak relawan yang awalnya canggung. Tidak tahu mau bicara apa pada anak-anak yang sepertinya sama sekali berbeda dari diri mereka. Awalnya mereka belajar menyapa, bercakap-cakap, mengajar sampai akhirnya becanda dan bersahabat dengan anak-anak. Ada relawan yang menjadi percaya diri setelah bisa mengajar anak-anak matematika , menggambar atau memimpin kegiatan.

Beberapa relawan kemudian berkaca pada diri mereka dan sadar bahwa mereka mampu membangun kegiatan kemanusiaan juga. Ada yang membangun sanggar baca, ada yang memfokuskan diri pada kegiatan pelayanan kesehatan ada pula yang menjadi donatur bagi pendidikan anak yang terbatas secara ekonomi (tbmc).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
The Esquire Theme.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: