Pengembangan Taman Bacaan Masyarakat.

Cibinong-20130324-00808KALIMULYA, TBM Cendani. Tamam Bacaan bukanlah tempat tumpukan buku-buku seperti perpustakaan pada umumnya. TBM merupakan bentuk sederhana dari perpustakaan. TBM lebih kecil dan lebih simple.

TBM, pada kenyataannya diselenggarakan oleh perorangan atau NGO, yang memiliki semangat untuk memenuhi kebutuhan anak akan informasi. Disamping itu TBM juga membantu anak lebih banyak mendapatkan material yang lenih banyak dari APA yang mereka terima di sekolah. Akan sangat mungkin anak lebih rinci dan detail dari yang guru mereka ajarkan.

Dari pengalaman mendampingi mereka,  saya menemukan ADA banyak anak  dapat menjelaskan dengan lebih lengkap dan runut dari materi yang mereka baca. Misalnya saja, ada beberapa anak dapat menjelaskan hewan dinosaurus lebih detail. Seperti Kiki Dan Alim. Cerita lain anak dapat menceritakan setiap bagian dari sirkulasi air dan bagaimana alam bekerja.

Ada banyak cerita kekeberhasilan dari kehadiran Taman Bacaan Masyarakat berbasis anak dan remaja.

Keberhasilan TBM tidak luput dari partisipasi dari para orangtua yang mendorong anaknya untuk terus membaca dan akhirnya anak mengalami perkembangan dari potensi dirinya pada setiap tahap dari pendidikannya.

Taman Bacaan Masyarakat Cendani _ Child Development Centre.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: